Minggu, 09 Februari 2014

Jenis Regulator Gas


.


Pada setiap botol Oksigen (Oxygen cylinder) dan botol propane/asetylin terdapat perlengkapan regulator gas:

Tugas utama dari Regulator Gas:

1. Menurunkan tekanan tinggi gas pada botol,ketekanan kerja (Working presure)

2. Mempertahankan Tekanan Kerja yang Constan walaupun tekanan pada botol berubah-ubah.

Tekanan gas dalam botol oksigen maupun dalam botol propane atau botol asitilen sangat tinggi.

akan tetapi tekanan gas yang dibutuhkan pada pembakar las (Torch) cukup rendah disebut tekanan kerja.

Untuk menurunkan tekanan gas, kedalam tekanan kerja dibutuhkan pesawat reduksi (regulator)



Masing-masing pesawat reduksi (regulator) mempunyai 2 manometer yaitu:
  • Manometer isi/tekanan tinggi (primary gauge high presure) menunjukkan tekanan gas dalam botol silinder,jadi manometer ini juga memberitahukan isi gas dari botol

  • Manometer tekanan kerja (second gauge low presure) menunjukkan tekanan kerja pada pembakar lasv(Torch).

  • Oxygen regulator pada manometer tekanan tinggi atau manometer isi dengan pembagian sekala dari 0 - 250 Kg/Cm" yang menunjukkan tekanan gas didalam botol.

  • Oxygen regulator pada manometer tekanan rendah atau manometer tekanan kerja, dengan pembagian skala 0 - 12 Kg/Cm".

  • Keran tekanan Regulator (Regulator Handle) digunakan untuk mengatur besarnya tekanan kerja gas pembakar.


Propane / Asitilen Regulator pada manometer isi mempunyai pembagian skala 0-30 Kg/Cm".

Sedangkan manometer tekanan rendah atau mano.eterckerja pembagian skala dari 0,5-3Kg/Cm".skala dari pengukur ini terbagi atas 0,1 Kg/Cm".



Pada pesawat reduksi ini terdapat peralatan lain,diantaranya:

1. Penutup gunanya ialah untuk menutup pemasukan gas oksigen ke pipa karet,denganntidak mengubah sesuatu pada pesawat reduksi.
Tetapi pada pemutusan yang lama adalah lebih baik mengunci penutup botol oksigen & mengeluarkan/mengendorkan sekerup atur ( Adjust handle) kerana itu mekanik i i tidak bekerja.


2. Katup Keamanan (Safety Valve) dari ruangan tekanan rendah,haruslah dijaga agar katup keamanan senantiasa bekerja dengan baik.

Tekanan paling tinggi yang baik boleh berada didalam bagian tekanan rendah,jadi untuk keamanan biasanya dinyatakan pada manometer tekanan kerja oleh sebuah garis merah.


Mur Watel (Connecting Nut) Untuk memasangkan pesawat refuksi (regulator) pada penutup dari botol Oxygen.
  • Pelat manometer oksigen biasanya diberi warna hijau/biru dan slang (Hose) warna biru disertakan keran pengatur pembakar berwarna biru

  • Pelat Manometer untuk propane/Asitilen diberi berwarna merah/kuning dan dlang(Hose) warna merah serta keran pengatur pembakar las berwarna merah
………

*****darincooler******

Tidak ada komentar:

Posting Komentar